Mudik T’lah Tiba

Sobat Kembara Hati, sebentar lagi lebaran tiba. Dan sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk pulang kampung atau istilah umumnya mudik. Akan tetapi tidak sedikit di antara kita yang begitu semangatnya untuk pulang kampung, namun melalaikan kewajiban utamanya kepada Allah SWT. Untuk itu kita harus mengetahui adab sebagai musafir, istilah bagi orang yang melakukan safar (perjalanan).


ARTI SAFAR
Secara bahasa, safar berarti melakukan perjalanan, lawan dari iqomah. Sedangkan secara istilah, safar adalah seseorang keluar dari daerahnya dengan maksud ke tempat lain yang ditempuh dalam jarak tertentu. Seseorang disebut musafir jika memenuhi tiga syarat, yaitu : niat, keluar dari daerahnya dan memenuhi jarak tertentu.
RUKSHOH SHOLAT BAGI MUSAFIR
Seorang musafir mendapatkan rukshoh (keringanan) dari Allah SWT dalam pelaksanaan sholat. Rukshoh tersebut adalah : mengqahar sholat yang bilangannya empat rakaat menjadi dua rakaat, menjama’ sholat dhuhur dengan ashar dan maghrib dengan ‘isya, sholat di atas kendaraan, tayammum dengan debu/tanah pengganti wudhu dalam kondisi tidak mendapatkan air dan lain-lain.
SHALAT QASHAR
Mengqashar Sholat adalah mengurangi sholat yang 4 rakaat menjadi 2 rakaat, yaitu pada sholat dhuhur, ashar dan ‘isya.
Allah SWT berfirman :
“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. An Nisaa’ : 101).
Seorang musafir dapat mengambil rukshoh sholat dengan mengqashar dan menjama’ jika telah memenuhi jarak terentu. Rasulullah SAW bersabda :
“ Dari Yahya bin Yazid Al Hana’i berkata, saya bertanya pada Anas bin Malik tentang jarak sholat qashar. Anas menjawab, “Adalah Rasulullah SAW jika keluar menempuh 3 mil atau 3 farsakh beliau sholat dua rakaat.” (HR. Muslim).
Adalah Ibnu Umar ra. Dan Ibnu Abbas ra. Mengqashar waktu sholat dan buka puasa pada perjalanan menempuh jarak 4 burd yaitu 16 farsakh.
Jumhur ulama berpendapat, sebagaimana hadits Ibnu Abbas bahwa jarak minimal dibolehkannya qashar yaitu 4 burd atau 16 farsakh.
1 farsakh = 5.541 m, sehingga 16 farsakh = 88,656 km.
Menurut Imam Malik dan Asy Syafi’i, lama waktu melakukan qashar bagi yang bertekad menetap adalah 4 hari, selain hari masuk kota dan keluar kota. Sehingga jika sudah melewati 4 hari ia harus melakukan sholat yang sempurna. Adapun musafir yang tidak akan menetap maka ia senantiasa mengqashar sholat selagi masih dalam keadaan safar.
MENJAMA’ SHOLAT SAAT SAFAR
Jama’ antara dua sholat yang dibolehkan adalah sholat dhuhur dengan ashar, dan sholat maghrib dengan’isya. Seorang musafir yang melakukan qashar dan jama’ sholat, maka sholat jamaah yang dilakuaan sebagai berikut :
– Niat untuk melakukan sholat jama’ dan qashar secara berjamaah
– Disunnahkan membaca iqomah pada setiap sholat (misalnya iqomah untuk sholat dhuhur dan iqomah untuk sholat ashar).
– Beriman pada orang yang sama-sama melakukan qashar dan jama’.
– Sholat jama’ dilakukan secara langsung, tanpa diselingi dengan sholat sunnah atau doa dan lainnya.
MENGHADAP KIBLAT
Menghadap kiblat merupakan syarat sahnya sholat, baik dalam keadaan muqim maupun musafir sebagaimana firman Allah SWT : “Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. Al Baqarah : 144).
Maka jika seorang musafir dalam kendaraan; baik itu mobil, kereta api, kapal laut atau pesawat udara dan mampu menghadap kiblat, maka ia harus menghadap kiblat. Sedangkan bagi musafir yang naik kendaraan sedang ia tidak tahu arah kiblat ataupun tidak mampu menghadap kiblat, maka ia harus sholat menghadap mana saja yang ia yakini dan sholat sesuai kondisi di kendaraan. Allah SWT berfirman : “Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 115).
TATA CARA SHOLAT DI ATAS KENDARAAN
1. Jika dimungkinkan maka sholat seperti biasa, yaitu sholat berjamaah, menghadap kiblat, berdiri, ruku’ dan sujud seperti biasa.
2. Jika tidak dapt berdiri maka sholat sambil duduk dengan gerakansholat dalam kondisi duduk. Ruku’ dan sujud dengan membungkukkan punggung, dan saat sujud punggung lebih menurun dari ruku’.
3. Apabila tidak mendapatkan air, maka bertayammum. Cara tayammum yaitu menepuk tanah atau debu pada didnding kendaraan dengan dua telapak tangan, lalu diusapkan ke seluruh wajah. Kemudian tangan yang satu mengusap yang lain bergantian sampai pergelangan tangan.
ADAB SAFAR
Apabila seorang muslim hendak melakukan safar, maka hendaknya memperhatikan adab-adab safar sebagai berikut :
1. Jika terdiri dari dua orang atau lebih, maka harus diangkat seorang ketua rombongan.
2. Sebelum berangkat dianjurkan melakukan sholat sunnah dua rakaat.
3. Berdoa kepada Allah SWT memohon keselamatan dirinya, keluarga yang ditinggal dan kaum muslimin.
4. Memberi wasiat (nasihat) dan meminta wasiat, sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Dikatakan Ibnu Umar pada Qoz’ah, “Kemarilah saya akan melepasmu sebagaimana Rasulullah SAW melepasku (saat bepergian) :
“Saya titipkan pada Allah dienmu, amanatmu dan akhir amalmu.” (HR. Abu Dawud).
5. Saat dalam perjalanan harus menggunakann waktunya pada sesuatu yang baik dan bermanfaat, seperti : memperbnayak dzikir dan doa, baca Al Qur’an, membaca buku, tafakur alam, mendengarkan nasyid, dan lain-lain.
6. Jangan melakukan kemaksiatan, dan mengupayakan agar suasana dikendaraan menjadi Islami.
7. Membawa bekal dan sarana untuk mendukung suasana yang Islami tersebut, misalnya : membawa mushaf Al Qur’an, buku bacaan yang Islami, kaset nasyid, dan lain-lain.

2 Tanggapan

  1. Makasih panduannya. Sangat berguna sekali..

    Suka

Silahkan tulis isi H❤‌ti....mu......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Tapak Suci Sragen

  • Wallpaper Tapak Suci

    download wallpaper cantik
  • XBANNER MINI TS
  • Rank :

    PageRank Checker
  • Twitter

  • Follow me on Twitter

  • free counters

  • IP
  • My Popularity (by popuri.us)
  • Berbagi Isi H❤‌ti

  • Isi H❤‌ti

  • smadav antivirus indonesia Sumber: SMADAV PRO GRATIS TANPA DONASI - Peluang Usaha
  • Yahoo! Avatars
  • Isi H❤‌ti Terbaru

  • Siny❤‌l H❤‌ti

    abg adab aib Allah amal anak animasi ayah Bisnis cinta damai doa download gadis gembala Gosip haji hati hati-hati hemat Hias hidup hikmah ibadah IKADI ikhlas Ilmu indonesia islam Islami jiwa Kajian kapal Kembara KISAH kULTUM laut Lc masjid menabung mendidik Merapi motivasi musibah muslim nafsu pAGErANK Penampakan PR Puasa Ramadhan Rasulullah romadhon rusuk s3 Sakit samudera santai semangat SEO sepatu sopan Sragen sTRATEGI SYAWAL Teman THL-TBPP uang ummi unta Ust. Hatta Syamsuddin Walimatul 'Ursy wallpapaer Wallpaper Wanita
  • p align="center">
    </p
  • <p align="center">
    </p
  • %d blogger menyukai ini: