ADA APA DENGANMU…?

Membaca judul di atas kita seakan diingatkan pada berita aktual saat ini tentang kasus pesohor kita yang pernah mempopulerkan judul tembang yang sama. Mungkin kita sama sekali tidak mengira bahwa judul tembang tersebut ada sebuah pertanyaan kepada si empunya lagu tentang kejujuran yang seakan begitu berat terucap dari mulutnya.

Kita tidak akan membicarakan para pesohor tersebut, toh sudah ada yang menangani. Yang terpenting adalah bagaimana dengan kita. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surat Al Hasyr ayat 18 :

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al Hasyr :18).

Jelas sekali Allah SWT menyuruh kepada kita untuk senantiasa bertakwa dan berani mempertanggungjawabkan apa yang telah kita perbuat selama di dunia. Jadi, kejujuran memang layak kita terapkan dalam keseharian kita. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana cara kita menjaga lisan kita. Sebab kemaksiatan yang ditimbulkan oleh lisan adalah dusta. Terkadang dengan lisannya seseorang mengucapkan kata-kata tanpa pertimbangan dan dipikrkan sebelumnya, sehingga menimbulkan fitnah dan kemudharatan yang banyak bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Oleh karena itu jelaslah bahwa diantara keselamatan seorang hamba adalah tergantung pada penjagaan seseorang terhadap lisannya. Rasulullah SAW pernah menasehati ‘Uqbah bin Amir ketika dia bertanya tentang keselamatan, lalu beliau SAW bersabda, “Peliharalah lidahmu, betahlah tinggal di rumahmu dan tangisilah dosa-dosamu.”(HR. Tirmidzi).

Dusta mempunyai beberapa pengaruh buruk, yang seandainya hal ini disadari oleh para pendusta pasti mereka akan meninggalkan kebiasaan dustanya dan akan kembali bertaubat kepada Allah SWT. Sebagian dari pengaruh buruk dusta adalah :

1. Menyebabkan keraguan kepada dan diantara manusia.

Keraguan artinya bimbang dan resah. Ini berarti seorang pendusta selamanya menjadi sumber keresahan dan keraguan, bukannya memberikan ketenangan sebagaimana orang yang jujur. Berkata Rasulullah SAW, “Tinggalkanlah apa-apa yang membuat ragu dan ambil apa-apa yang tidak meragukanmu, karena sesungguhnya kejujuran itu adalah ketenangan dan dusta itu adalah keresahan.” (HR. Tirmidzi, Nasa’i Shahih).

2. Terjerumusnya seseorang ke dalam salah satu tanda orang munafik.

Rasulullah SAW bersabda, “ Ada empat hal, barang siapa memiliki semuanya maka dia munafik sejati. Dan barang siapa memiliki salah satu diantaranya berarti dia mempunyai satu jenis sifat munafik hingga dia meninggalkannya. Yaitu apabila diberi amanat dia khianat, bila berkata dia dusta, bila berjanji dia mengingkari, jika berselisih dia berkata kotor.” (Muttafaq ‘Alaih).

3. Hilangnya kepercayaan.

Sesungguhnya selama dusta menyebar dalam kehidupan bermasyarakat, maka hal itu akan menghilangkan kepercayaan di kalangan manusia. Memutuskan jalinan kasih diantara mereka, sehingga menyebabkan tercegahnya kebaikan dan menjadi penghalang sampainya kebaikan kepada orang yang berhak menerimanya.

4. Memutarbalikkan kebenaran.

Di antara pengaruh buruk dusta adalah memutarbalikkan kebenaran dan membawa berita yang berlainan dengan fakta, lebih-lebih dilakukan dengan tanpa memberikan kejelasan yang disyariatkan. Hal ini dilakukan karena para pendusta suka merubah kebathilan menjadi kebenaran dan kebenaran menjadi kebathilan dalam pandangan manusia. Dan apa saja yang mereka katakan tentang keburukan seseorang, apapun pengaruhnya, maka hati-hatilah terhadap mereka, baik yang anda baca ataupun anda dengar dari mereka.

Empat pengaruh buruk dusta di atas semoga menjadi bahan perenungan bagi kita semua. Karena Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al Mu’min ayat 28 :

“Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta.” (Q.S. Al Mu’min : 28).

10 Tanggapan

  1. Makasih taushiyahnya bagus sekali

    Suka

  2. Ada apa ya sebenarnya…?

    Suka

  3. Semoga Allah selalu memberi petunjukkepadakita…Amin

    Suka

  4. Taushiyahnya bagus. Makasih ya.

    Suka

  5. Semoga kita dijauhkan oleh Allah dari sifat dusta…Amin.

    Suka

Silahkan tulis isi H❤‌ti....mu......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Tapak Suci Sragen

  • Wallpaper Tapak Suci

    download wallpaper cantik
  • XBANNER MINI TS
  • Rank :

    PageRank Checker
  • Twitter

  • Follow me on Twitter

  • free counters

  • IP
  • My Popularity (by popuri.us)
  • Berbagi Isi H❤‌ti

  • Isi H❤‌ti

  • smadav antivirus indonesia Sumber: SMADAV PRO GRATIS TANPA DONASI - Peluang Usaha
  • Yahoo! Avatars
  • Isi H❤‌ti Terbaru

  • Siny❤‌l H❤‌ti

    abg adab aib Allah amal anak animasi ayah Bisnis cinta damai doa download gadis gembala Gosip haji hati hati-hati hemat Hias hidup hikmah ibadah IKADI ikhlas Ilmu indonesia islam Islami jiwa Kajian kapal Kembara KISAH kULTUM laut Lc masjid menabung mendidik Merapi motivasi musibah muslim nafsu pAGErANK Penampakan PR Puasa Ramadhan Rasulullah romadhon rusuk s3 Sakit samudera santai semangat SEO sepatu sopan Sragen sTRATEGI SYAWAL Teman THL-TBPP uang ummi unta Ust. Hatta Syamsuddin Walimatul 'Ursy wallpapaer Wallpaper Wanita
  • p align="center">
    </p
  • <p align="center">
    </p
  • %d blogger menyukai ini: